4 Film Horor Paling Menyeramkan Di Dunia Tahun 60-80an

4 Film Horor Paling Menyeramkan Di Dunia Tahun 60-80an

Film horor sejak dulu sudah jadi tontonan favorit banyak orang. Isi film yang selalu mengaduk-aduk perasaan dan bikin bulu kuduk merinding ini memang sudah disukai banyak orang di dunia sampai sekarang.

Tapi tahukah kamu, jika sejak era 1960 sampai 1980-an sudah muncul film-film horor? Bahkan rata-rata film klasik itu masih sangat digemari, banyak dicari dan ditonton ulang hingga kini. Sampai-sampai banyak pecinta film horor dunia sepakat jika banyak film horor pada tahun-tahun itu adalah film horor terbaik sepanjang masa.

Rosemary's Baby (1968).

Rosemary's Baby awalnya berasal dari karya novel Ira Levin pada 1967, yang kemudian diadaptasi sang sutradara Roman Polanski menjadi film horor berkelas dan mengerikan. Film ini kemudian mengangkat namanya menjadi sutradara terbaik hingga saat ini.

Film ini menceritakan tentang ibu rumah tangga muda bernama Rosemary Woodhouse dan suaminya Guy saat pasangan tersebut pindah ke gedung apartemen kuno di New York City. Setelah pindah, serangkaian acara menyebabkan Rosemary mencurigai suaminya Guy telah menandatangani sebuah perjanjian dengan tetangga mereka mengenai bayi yang belum lahir untuk tujuan ritual gaib.

The Haunting (1963)

Film ini dibintangi oleh Liam Neeson dan Catherine Zeta-Jones, Film horor Robert Wise tahun 1963 ini adalah salah satu film paling menakutkan yang pernah dibuat dan dianggap super mengerikan, bahkan ketika ditonton ulang sesudah 50 tahun film ini dirilis.

The Haunting menceritakan tentang sebuah tim penyelidik paranormal yang menghabiskan beberapa malam di sebuah rumah berhantu. Seiring peristiwa supernatural terus meningkat selama perjalanan tinggal mereka, salah satu anggota kelompok tersebut, Eleanor Lance, mulai menjadi semakin tidak stabil secara mental saat dia merasa yakin bahwa kekuatan di balik rumah tersebut berusaha membawanya pulang.

Halloween (1978).

Film legendaris 70-an yang disutradarai John Carpenter ini dianggap sebagai pendahulu sekaligus pedoman genre film slasher-horror. Halloween adalah satu dari dua atau tiga film horor yang dikreditkan mendorong film horor menjadi 'naik kelas'.

Halloween menceritakan seorang pemuda Michael Myers yang membunuh kakak perempuannya. Namun usai dimasukkan rehabilitasi dia berhasil kabur dan berbuat onar di malam Halloween.

The Shining (1980).

The Shining saat ini sudah dianggap sebagai salah satu film horor terbaik sepanjang masa, menjadi tonggak penting dalam sejarah film dan subjek budaya pop yang telah lama ada.

Dikutip dari nikenbicarafilm.blogspot, Jack Torrance (Jack Nicholson) menerima pekerjaan barunya sebagai caretaker di sebuah hotel terpencil bernama Overlook Hotel. Di saat off-season Jack mengajak istrinya Wendy (Shelley Duvall) dan putranya Danny (Danny Llyod) untuk tinggal di hotel tersebut selama beberapa bulan. Sialnya, hotel tersebut ternyata menyimpan rahasia kelam yang misterius.

Suspiria (1976).

Film horor tahun 70-an yang disutradarai Dario Argento ini dianggap karya horor terbaik karena teknik dan gaya pengambilan gambarnya mendekati sempurna, antara surealis dan mengerikan.

Suspiria semakin mengerikan saat ditonton karena Argento tepat memilih Goblin, band rock progresif untuk mengisi skoringnya (latar musik dalam film). Nada-nada mencekam karya Goblin membuat film ini bikin hati penonton berkecamuk nggak keruan. Penakut dilarang nonton.