5 Film Horror Indonesia yang Berasal dari Urban Legend

Urban Legend merupakan sebuah kisah yang diceritakan turun temurun dan menjadi viral akibat dibicarakan dari mulut ke mulut oleh banyak orang. Urban Legend sendiri merupakan kisah seram yang dipercaya sebagian orang merupakan kisah nyata yang masih ada sampai sekarang.

5 Film Horror Indonesia yang Berasal dari Urban Legend

Kisah Urban Legend ini dianggap menarik oleh media perfilman, sehingga film-film mengenai urban legend ini pun di buat sebagai media hiburan, dan media info mengenai urban legend yang ada saat ini.

Berikut Film yang dibuat berdasarkan Urban Legend yang ada di Indonesia :

Hantu Jamu Gendong (2009)

Hantu Jamu Gendong adalah film horor Indonesia yang dirilis pada tahun 2009. Film yang disutradari oleh Koya Pagayo ini dibintangi antara lain oleh Julia Perez, Dimas Aditya, Fendi Trihartanto, Rina Hasyim, dan Diah Cempaka Sari.

Film Hantu Jamu Gendong mengklaim sebagai film yang diangkat dari urban legend yang terjadi di Indonesia. Cerita tentang Hantu Jamu Gendong yang diyakini ada diimbuhi dengan cerita modern tentang seorang pelajar yang tengah menyusun skripsi dan kemudian teman-temannya hilang.

 

Rumah Gurita (2014)

Rumah Gurita adalah film horor Indonesia tahun 2014. Film ini dibintangi oleh Shandy Aulia, Boy William, Kemal Palevi, dan Maria Sabta. Film ini diangkat dari salah satu urband legend Rumah Gurita yang berada di Bandung.

Diangkat dari mitos tentang Rumah Gurita, film ini dibuat sangat melenceng dengan kenyataannya. Film ini benar-benar hanya memanfaatkan sensasi seputar Rumah Gurita yang dijadikan bahan pembicaraan banyak orang.

 

Hantu Pohon Boneka (2014)

Hantu Pohon Boneka berasal dari kisah Hantu Boneka yang cukup terkenal di Bandung. Konon katanya, di jalan tersebut pernah ada anak kecil yang tertabrak di depan pohon hingga meninggal. Agar tidak mengganggu, pohon tersebut diberi boneka yang digantung di atas pohon tersebut. Menurut cerita dari mulut ke mulut, suatu malam hantu itu pernah melayang-layang di tengah keramaian jalan. Hantu itu berbentuk boneka panda kecil. Boneka itu adalah milik gadis kecil bernama Uci usia 2 tahun yang meninggal akibat tabrak lari pada tahun 1981. Cerita lain mengatakan arwah perempuan tersebut terlihat di pohon sekitar Jalan Siliwangi, bergelantungan sambil membawa bonekanya dan mukanya hancur.

Terowongan Casablanca (2007)

Salah satu tempat paling angker di Indonesia. Terowongan Casablanca sudah difilmkan sejak lama. Bercerita tentang kuntilanak yang mendiami terowongan tersebut.

Solit4ire (2014)

Bukan cuma satu tapi empat kisah menyeramkan urban legend di Indonesia ditampilkan dalam sebuah film omnibus berjudul ‘Solit4ire‘. Terinspirasi dari film-film horor Asia seperti Thailand, Jepang, dan Korea. Solit4ire menceritakan tentang empat kisah yang dialami empat orang yang berbeda dalam satu malam.

Solit4ire sesuai judulnya diilhami dari permainan kartu Solitaire dengan 4 suit atau jenis kartu (Spade, Heart, Diamond, Club).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *