7 Penampakan Teraneh Yang Ditemukan Oleh Google Earth

7 Penampakan Teraneh Yang Ditemukan Oleh Google Earth

Abad informasi memang menakjubkan. Melimpahnya informasi baru bukan yang sekarang tersingkap bukan hanya dalam bentuk tulisan, tapi dalam bentuk gambar. Penggunaan Google Earth, misalnya, menyajikan sejumlah benda, tempat, atau fenomena aneh yang selama ini belum diketahui atau tersembunyi berbagai bagian Bumi, misalnya kuburan pesawat tempur usang, pola polka dot buatan semut, struktur aneh di gurun Gobi, dan pulau tahyul di Pasifik Selatan.

Pulau Takhayul

Pada 2012, sekelompok peneliti Australia ‘menemukan’ sebuah pulau seukuran pulau Manhattan (New York) di Pasifik Selatan. Pulau di dekat New Caledonia itu dinamai Sandy Island dan terlihat padat kehitaman di Google Earth. Namun ketika mereka berlayar ke sana pada November 2012, mereka tidak menemukan apapun kecuali lautan luas. Dalam suatu terbitan pada April 2013, para peneliti menjelaskan mengapa tanah khayalan ini tertera dalam peta selama lebih dari seabad dan menduga ada kesalahan manusia atau adanya batu apung.

Danau ‘darah’

Sebuah badan air di luar kota Sadr City di Irak terlihat seperti danau berwarna merah darah. Belum ada penjelasan resmi mengenai titik di koordinat 33,396157° LU, 44,486926° BT ini.

Seni Semut

Hama ini dapat membuat gundukan sarang hingga membentang 120 centimeter dan biasanya dikelilingi tanah tandus hingga seluas 10 meter persegi, demikian kata ahli fisika Amelia Carolina Sparavigna, seorang spesialis analisis pencitraan satelit di Politecnico of Torino di Italia. Ia membahasnya dalam makalah ilmiah online pada 11 Januari 2016. Namun demikian, makalah ini masih harus mendapat rujukan sesama ahli dan memerlukan pemeriksaan di lapangan.

Huruf Terbesar

Hamad bin Hamdan al Nahyan, seorang Sheikh triliuner dan anggota keluarga penguasa di Abu Dhabi, membuat ukiran namanya di permukaan berpasir di pulau al Futaisi (di Teluk Persia) miliknya. Tulisan ‘HAMAD’ setinggi 1,6 kilometer sepanjang 3,2 kkilometer ini bisa jadi merupakan yang terbesar sedunia dan terlihat dari angkasa. Biasanya huruf yang terukir di pasir akan tersapu, tapi ukurannya cukup besar untuk menjadi saluran air yang menyerap serbuan ombak. Ketika satelit sedang mengambil fotonya, ada ombak sedang mengalir di dalam huruf M.

Logo KFC

Mengingat banyaknya orang yang mengintip menggunakan Google Earth, tidak heran kalau sejumlah iklan bermunculan di daerah terpencil. Yang hanya bisa dipandang dari angkasa–suatu konsep yang dikenal dengan ‘mapvertising’. Sebagai contoh, logo Coca Cola terbesar ada di sisi gunung di Chile dan disebut-sebut terbuat dari 70.000 botol kosong minuman itu. Lalu, gambar Colonel Sander (logo KFC) seluas lebih dari 8.129 meter persegi di pinggir jalan layang Extraterrestrial Highway di negara bagian Nevada, pada koordinat 37,646163° LU, 115,750819° BB.

Bangkai kapal

Kapal S.S. Jassim, sebuah kapal kargo Bolivia kandas dan tenggelam di Wingate Reef di lepas pantai Sudan pada 2003. Kapal sepanjang 81 meter itu sekarang menjadi salah satu bangkai kapal terbesar yang terlihat di Google Earth, pada lokasi 19° 38′ 46,00″ LU, 37° 17′ 42,00″ BT.

Pentagram ajaib

Di tengah stepa berangin di asia tenga, di mkawasan terpencir di Kazakhstan, ada sebuah pentagram besar bergaris tengah 366 meter yang diukirkan ke permukaan Bumi. Segilima ini dikelilingi oleh suatu lingkaran dan berada di pantai selatan bendungan Upper Tobol.