Daftar Hantu Kuno Tanah Jawa Seri 4

Hantu secara umum merujuk kepada roh atau arwah yang meninggalkan badan karena kematian. Definisi dari hantu pada umumnya berbeda untuk setiap agama, peradaban, maupun adat istiadat. Dalam banyak kebudayaan, hantu tidak didefinisikan sebagai zat yang baik maupun jahat. Sebutan setan, iblis, genderuwo, dan sebagainya, lebih umum digunakan untuk merujuk kepada hantu yang jahat. Berikut adalah sosok hantu yang paling menyeramkan di yang ada di ubdibeai

1. Si baung

Si baung dalah memedi hutan dalam bentuk manusia berkepala anjing yang jika bertemu manusia maka ia akan menggonggong dan menyalak dengan keras sehingga orang tersebut akan ketakutan dan akhirnya sakit keras serta ketakutan.

2. Anja anja

Anja anja adalah memedi penghisap darah berwujud manusia yang akan menghisap darah dan energi hidup seseorang hingga mengakibatkan sakit keras dan bercak kebiruan di kulit dan bila ada orang meninggal dengan bercak kebiruan di kulit ia akan dikatakan dijilat anja anja.

3. bermana Bermain

Bermana bermani adalah roh dari pasangan laki laki dan perempuan yang meninggal, pertama tama pasangan ini berubah menjadi jin dan jim (tidak diketahui apa itu jin dan jim) lalu berubah menjadi memedi penggoda yang sangat berbahaya.

Bahayanya bagi pasangan suami istri yang masih hidup karena menurut kepercayaan orang jawa jaman dahulu memedi ini dapat merasuki salah satu pasanganya secara jangka yang lama dan bisa saja tidak diketahui, untungnya walau sangat ditakuti dan berbahaya namun untungnya bermana bermani ini hanya ada sepasang saja.

4. Kanun

Kanun adalah sosok memedi udara yang berwujud menakutkan sebagai raksasa melayang layang diudara dan setiap hari memakan memedi lain sejumlah 40, orang jaman dulu mempunyai kepercayaan bahkan kanun bisa memakan 44 memedi setiap harinya.

Untungnya meskipun kanun ini seram namun tidak mengganggu manusia dan lebih terasa membantu manusia itu sendiri saat jalan di jalanan sepi dan angker maka orang orang akan memanggil nama kanun untuk menakut nakuti memedi lainya.

5. Bajag angkrik

Bajag angkrik adalah sosok memedi berwujud anak anak kecil yang bergerombol dan mendatangi manusia lalu menakut nakuti dengan cara mengambil sikap dan gestur mengancam, dan bila tidak berhasil menakut nakuti maka mereka pergi dan beberapa saat lagi akan mengulanginya secara terus menerus sampai manusianya takut atau pergi karena itu juga memedi ini tidak ditakuti.

6. Hanga lgi

Hanga lgi adalah memedi dengan wujud sosok raksasa berambut panjang terurai namun meskipun wujudnya mengerikan ternyata hanga lgi ini bersifat baik yaitu dengan melindungi orang dari mara bahaya.

Semisal ada orang akan dibegal dijalan sepi maka hanga lgi akan membuat orang tadi menjadi tidak kelihatan bagi orang orang jahat atau begal tadi namun bila orang yang ditolong tidak berterimakasih maka bisa saja hanga lgi ini muncul secara tiba tiba dihadapan yang ditolongnya hingga ketakutan bahkan saking kagetnya bisa saja menjadi sakit.

7. Drubiksa

Deubiksa adalah memedi rumah yang tak terlihat dengan sifat baik dan jahat sekaligus karena sering melindungi penghuni rumah dari mara bahaya dan penyakit-penyakit, seperti sayangnya memedi ini suka seklai usil dengan cara menaburkan pasir di makanan, membuang panci panci dan alat dapur bahkan kadang sampai perabotan dalam rumah.

Demikian dengan artikel ini tentang daftar hantu kuno, hantu kuno adalah salah satu sosok hantu yang sangat menyeramkan dalam berupa wujud yang berbeda-beda. Ada juga beberapa hantu yang masih terkenal  di seluruh dunia. Biasanya hantu akan muncul disaat malam hari. Sekian dari penjelasan ini semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Baca juga:

daftar hantu paling menyeramkan di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *