Daftar Hantu Seram Di Indonesia Yang Tidak Terkenal

Bukan hanya artis saja yang dapat menjadi populer dikalangan masyarakat, ternyata beberapa hantu juga dapat menjadi populer dikalangan masyarakat sekitar. Contohnya beberapa hantu seperti Sundel Bolong, Pocong, Kuntilanak, siapa yang tidak kenal mereka di Indonesia. Pasti kalian juga pernah mendengar nama dari hantu tersebut, namun ternyata di Indonesia memiliki beberapa jenis hantu yang menyeramkan namun namanya tidak sering disebutkan.

Kali ini kami akan memberikan beberapa daftar hantu seram di Indoenesia yang tidak terkenal seperti hantu lainnya, berikut :

Jerangkong

jerangkong

Mungkin kalian pernah mendengar nama hantu Jelangkung, namun ini berbeda dengan Jelangkung. Jerangkong ini berbentuk tengkorak yang berjalan. Dalam mitos yang diceritakan oleh masyarakat, hantu ini merupakan hantu yang suka mencuri telur dan dari cerita yang ada mengatakan bahwa hantu ini dulunya adalah tukang sate.

Gundul Pringis

gundul pringis

Jenis hantu seram lainnya adalah Gundul Pringis. Jenis hantu ini hanya memiliki kepala dan tanpa memiliki badan atau anggota tubuh lainnya. Hantu ini sering menampakkan diri di jalanan desa dengan menggelindingkan kepalanya dari jalanan yang tinggi kearah jalanan yang menurun dan muncul pada malam hari.

Antu Banyu

antu banyu

Menurut cerita yang ada di masyarakat mengatakan bahwa hantu ini dulunya menempati Sungai Musi dan Muara Dua. Tidak banyak yang mengetahui bentuk hantu yang satu ini seperti apa, namun cerita dari para nelayan yang melihat hantu ini dekat kapal mereka, maka kapal mereka akan tenggelam lalu nelayan tersebut akan mati atau dimakan oleh Antu Banyu. Kasus Antu Banyu ini diketahui dengan ciri-ciri nelayan yang mati karena ulahnya akan memiliki tanda lubang dikepala dan punggungnya.

Orang Pote

orang pote

Masyarakat pulau Bawean, Jawa Timur, masih mempercayai akan adanya hantu ini. Bentuk dari hantu ini diceritakan oleh masyarakat setempat memiliki kulit yang putih pucat seperti mayat berjalan. Mitos yang mengatakan tentang hantu ini adalah jika ada orang melihat Orang Pote ini maka akan mengalami kesialan dalam hidupnya dan bukan hanya itu saja bahkan seluruh keluarganya juga akan tertimpa sial.

Nyi Mas Centring Manik

nyi mas centring manik

Dengan nama yang panjang dan terlihat manis ini, pasti kalian akan berpikir kalau hantu ini akan berbentuk seperti wanita cantik. Jika kalian berpikir seperti itu, maka kalian salah. Bentuk dari hantu ini adalah nenek-nenek yang menggunakan baju warna merah dan dari cerita yang ada disana, bahwa Nyi Mas Centring Manik ini adalah istri muda dari Prabu Siliwangi. Legenda hantu ini berada di daerah Bandung.

Jurig Gonggo

jurig gonggo

Hantu yang satu ini cukup terkenal di masyarakat sekitar tanah Sunda. Masyarakat disana mempercayai bahwa hantu ini berada pada sebuah jembatan  yang cukup gelap dan hantu ini biasanya mengganggu dua orang sejoli yang sedang pacaran diatas jembatan tersebut.

Lulun Samak

lulun samak

Lulun Samak ini juga memiliki nama lain seperti hantu tikar. Untuk cerita seram dari hantu ini adalah jika kalian melihat sebuah tikar mengambang di sungai, sebaiknya kalian tidak mengambil ataupun mendekati tikar tersebut karena masyarakat sekitar percaya kalau kalian mengambil tikar tersebut maka kalian akan tenggelam.

Jurig Lauk

jurig lauk

Konon katanya hantu ini memang sudah ada sejak jaman dahulu kala dan sering muncul pada kolam-kolam pemancingan ikan yang berada pada beberapa daerah. Beberapa orang juga mengatakan bahwa hantu itu ada karena jelmaan dari ikan yang sudah mati pada kolam tersebut.

Suanggi

suanggi

Hantu yang satu ini berasal dari daerah Papua dan Maluku. Hantu ini dipercaya adalah seorang penyihir atau dukun ilmu hitam yang sering membunuh orang lain atau menyakiti orang lain dengan ilmu yang dimilikinya. Juga ada beberapa masyarakat yang percaya bahwa mereka adalah hantu yang kerap memakan daging manusia.

Kapuk Kamalintong

kapuk kamalintong

Hantu yang terakhir ini memiliki bentuk yang menyerupai pocong. Masyarakat yang mengetahui hantu ini mengatakan kalau hantu ini biasanya akan mengetuk pintu rumah pada saat malam hari dan meminta bantu kepada pemilik rumah untuk membukakan tali pocong serta kapas yang menutupi lubang hidungnya.

Itulah beberapa hantu seram di Indonesia yang tidak terkenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.