Dilarang Mengenakan Pakaian Berwarna Hijau Di Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Dilarang Mengenakan Pakaian Berwarna Hijau Di Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Kisah kecemburuan yang terjadi di keluarga Kerajaan Mataram pada abad ke-16 telah memakan korban seorang ratu yang mengorbankan dirinya ke laut lepas. Legenda tragis tersebut sampai saat ini masih hidup.

Sekitar 5 jam perjalanan dari Jakarta, tepatnya di kawasan Sukabumi bagian selatan terdapat kawasan pesisir bernama Pelabuhan Ratu yang terkenal akan pasirnya yang putih serta ombak besar yang cukup menantang, khususnya bagi para surfer.

Tapi Anda jangan sampai terlena oleh keindahan lautnya, karena tak sedikit wisatawan yang tewas ditelan ombak ketika liburan di sini. Sebagian besar korban adalah laki-laki, dan kabarnya mereka semua mengenakan pakaian yang ada unsur warna hijau ketika sedang berenang. Oleh sebab itulah beredar kabar bahwa sang Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul murka dan menarik mereka ke laut karena mengenakan warna kesukaannya.

Tak seperti kebanyakan legenda di Indonesia yang hanya dianggap sebagai dongeng pengantar tidur, kisah Nyi Roro Kidul diyakini keberadaannya oleh banyak orang, tak terkecuali oleh Presiden Soekarno.

Bahkan, kamar nomor 308 di Samudera Beach Hotel sengaja disediakan untuk sang ratu. Kamar yang didesain sangat apik dengan dominasi warna hijau dan emas (warna favorit sang ratu) tersebut diberi wewangian melati dan kemenyan dan kerap digunakan sebagai tempat semedi.

Bulan Maret 2018 pekan lalu, seorang wanita asal Jakarta yang mengunjungi tempat tersebut namun ia mengunap di salah satu hotel yang terdekat dengan Pelabuhan Ratu. Saat itu, ia sedang baju berwarna Hijau, tidak lama kemudian ia bermian di air, ada beberapa gelombang ombak yang membawak ia pergi ke dasar laut.

Dan ia juga sempat menemui kerajaan yang milik Ratu Nyi Roro Kidul yang dikenal dengan ratu pantai selatan. Wanita tersebut seperti terbawak mimpi tetapi kejadian itu nyata selang beberapa jam orang tuanya mencari dan akhirnya ia ditetemukan disalah satu kamar hotel terdekat pelabuhan itu yang bernomor 308.

Pelabuhan Ratu

Cara ke Sana: Dari Jakarta, lewat Tol Jagorawi keluar di gerbang tol Ciawi. Lurus terus hingga arah Cibadak, setelah melewati Pasar Cibadak belok kanan dan ikuti terus jalan sampai tiba di Pelabuhan Ratu.