Hantu Sundel Bolong Indonesia

Hantu Sundel Bolong

Hantu Sundel Bolong ataupun dalam Bahasa Melayu di sebut Sundal bolong merupakan Legenda Hantu dari nusantara yang digambarkan dengan wanita cantik berambut panjang dan bergaun panjang berwarna putih dan memiliki punggung yang bolong . Bagian Punggung Hantu Sundel Bolong biasanya ditutupi oleh rambutnya yang panjang sehingga samar-samar terlihat organ-organ tubuh bagian perut yang terlihat. Masyarakat banyak yang menyangka Sundel Bolong sama dengan Kuntilanak karena dalam mitosnya kedua Hantu ini memiliki kesamaan yaitu Wanita berambut panjang dan mengenakan gaun berwarna putih. Yang membedakan dari kedua Hantu ini adalah Sundel Bolong memiliki punggung yang bolong sedangkan Kuntilanak Tidak.

Penamaan Hantu Sundel Bolong diambil dari lafal Indonesia yaitu Sundal Bolong yang berarti Wanita Jalang atau Pelacur yang memiliki Punggung Bolong.

Hantu Sundel bolong dalam mitosnya merupakan arwah penasaran dari wanita yang mati karena diperkosa dan kemudian melahirkan anaknya dalam kubur. Sundel Bolong dipercaya sering mencuri bayi-bayi yang baru saja dilahirkan. Hantu Sundel bolong ini juga memiliki kesamaan dengan Kuntilanak yaitu suka muncul dan berjalan sendirian di tempat yang sunyi dengan mengenakan gaun berwarna putih dan berusaha menutupi punggungnya yang bolong.

Hantu Sundel Bolong dalam filmnya diceritakan sebagai seorang wanita yang diperkosa dan akhirnya dibunuh sehingga arwahnya penasaran dan meneror kembali para pelaku kejahan yang sudah memperkosa dan membunuhnya.

Berikut beberapa film yang diangkat dari mitos Sundel Bolong

  1. Sundel Bolong (1981) oleh Rapi Films yang disutradarai maestro perfilman Sisworo Gautama Putra dan dibintangi oleh Suzanna yang sudah lama dikenal sebagai Ratu Horror Indonesia.
  2. Telaga Angker (1984) juga merupakan salah satu film yang dibintangi oleh Ratu Horror Indonesia Suzanna.
  3. Malam Jumat Kliwon (1986) Film ini juga merupakan film yang dibintangi oleh Ratu Horror Indonesia yaitu Suzanna.
  4. Malam Satu Suro (1986) merupakan sebuah film yang dibintangi juga oleh Ratu Horror Indonesia yaitu Suzanna.
  5. Legenda Sundel Bolong (2007) merupakan film terbaru yang mengambil mitos sundel bolong dari diperankan oleh Baim, Jian Batari Anwar, Tio Pakusadewo dan Uli Auliani.

Leave a Reply

Your email address will not be published.