Kasabake merupakan sebuah legenda Hantu jepang berbentuk payung yang memiliki satu mata, satu kaki, dan dua tangan dengan lidah menjulur panjang. Kasabake memiliki banyak nama, diantaranya adalah : Karakasa Obake, Kasa Obake dan Karakasa Kozo.

kasabake

Kasabake pada umumnya merupakan payung dengan satu mata dan melompat-lompat dengan satu kaki, tapi kadang-kadang mereka memiliki dua lengan atau dua mata, dan mereka juga kadang-kadang digambarkan memiliki lidah yang panjang. bahkan memiliki dua kaki, seperti yang digambarkan dalam yōkai emaki seperti yang Hyakki Yagyo Zumaki.

Dalam Hyakki Yagyo Emaki dari periode Muromachi, yōkai yang muncul sebagai payung bisa dilihat, tapi di emaki ini, itu adalah yokai humanoid yang yang hanya memiliki payung di atas kepalanya. Kasa Obake merupakan jenis hantu yang berasal dari Benda Mati, dan Kasa Obake merupakan objek yang cukup populer dikalangan masyarakat jaman dulu.

Mereka sering muncul dalam legenda dan karikatur, dan sebagai lawan sebagaimana yōkai yang biasa dikenal, mereka tidak muncul dalam cerita rakyat sama sekali, dan tidak jelas apa jenis yōkai mereka . Literatur tentang mereka tidak disertai dengan cerita rakyat, dan dengan demikian mereka dianggap sebagai yōkai yang muncul hanya dalam cerita yang dibuat-buat atau hanya ada di gambar. Setelah perang, ada juga penafsiran bahwa mereka adalah eksistensi yang berada di tingkat yang sama seperti karakter manga. Salah satu kemungkinan yang telah memikirkan adalah hal tersebut adalah Hyakumonogatari Kaidankai yang menjadi populer pada periode Edo, pencerita diminta untuk menceritakan kisah-kisah baru mengenai yōkai yang belum diketahui seluruh masyarakat, dan dengan demikian mereka adalah yōkai ini dibuat oleh individu.

Berbagai mitos di Jepang mempercayai, benda atau peralatan yang sudah sangat berumur akan memiliki kemampuan untuk menjadi yokai atau siluman yang memiliki kekuatan tertentu. Hal Ini disebut tsukumogami, dan beberapa literatur menganggap  yōkai ini menjadi salah satu contoh dari mereka, tapi belum dikonfirmasi bahwa ada literatur klasik atau esai klasik yang memverifikasi hal ini.

Setelah perang, Kasa Obake mereka menjadi karakter representatif untuk penggambaran obake dan rumah-rumah angker, dan sering digunakan sebagai karakter anime, manga, dan film yang memiliki tema di yōkai, dan juga umumnya menjadi gambar-gambar yang dibuat oleh anak-anak