Lagu Hantu ‘Nina bobo ooh nina boo’

Lagu Hantu 'Nina bobo ooh nina boo'- Musik memang tidak dapat lepas dari kehidupan sehari-hari kita. Saya yakin pasti Anda selalu mendengarkan lagu setiap harinya kan. Kadang Anda memutar sebuah lagu sesuai dengan mood Anda hari itu atau Anda sengaja memutar lagu tertentu untuk membantu Anda jadi fresh kembali dan relax. Atau mungkin juga dalam perjalanan pulang ke rumah, Anda mendengar musik yang diputar didalam angkot/ bis yang Anda tumpangi.

Versi pertama dari asal usul lagu pengantar tidur Nina Bobo ini katanya bermula dari sebuah keluarga kecil yang memiliki satu orang anak perempuan bernama Helenina yang merupakan campuran Belanda-Jawa; sang ayah kelahiran Belanda bernama Van Rodjnik, ibunya wanita Jawa bernama Mustika.

Helenina atau yang dipanggil Nina, memiliki masalah kesulitan tidur. Maka Mustika selalu bersenandung setiap malam untuk menidurkan Nina dan Nina pun jadi ketergantungan dengan senandung pengantar tidur dari ibunya.

Atas saran dari ayahnya, sang ibu menciptakan liriknya dan tidak bersenandung lagi. Lirik lagunya sama seperti yang kita ketahui sekarang; “Nina bobo ooh nina boo.. kalau tidak bobo digigit nyamuk..

Setiap malam ibunya selalu menyanyikan lagu tersebut, hingga pada suatu waktu Nina sakit parah lalu meninggal dunia. Nina meninggal pada umurnya yang masih 6 tahun dan meninggalkan kesedihan yang mendalam pada orang tuanya.

Pada suatu malam, ayahnya Nina menemukan Mustika sang ibu sedang menyanyikan lagu pengantar tidur yang biasa dia nyanyikan untuk Nina. Mustika bercerita kalau dia selalu mendengar suara Nina menangis minta dinyanyikan lagu Nina Bobo. Maka setiap malam walaupun anaknya sudah meninggal dunia, sang ibu terus menyanyikan lagu itu sampai akhirnya dia juga meninggal dunia.

Setelah Mustika meninggal dunia, giliran Van Rodjnik yang dihantui oleh anaknya sendiri yang meminta dinyanyikan lagu pengantar tidur “Nina Bobo” yang selalu dinyanyikan ibunya itu.

Hal ini membuat pikiran Van Rodjnik menjadi terganggu dan dia pun mulai menyanyikan lagu “Nina Bobo” berulang-ulang hingga dia meninggal dunia.  Konon katanya kalau kita menyanyikan lagu “Nina Bobo”untuk menidurkan anak kita, arwah Nina datang dan membuat anak kita tidur terlelap.

lagu ini memang berasal dari Indonesia ‘meninabobokan’ yang berarti ‘menyanyikan lagu untuk menidurkan’. Lagu Nina Bobo ini tidak mengacu pada sebuah nama Nina dan bobo berasal dari bahasa Cina yang artinya tidur.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published.