Lawang Sewu Dikenal Dengan Tempat Paling Angker Di Dunia

Lawang Sewu Dikenal Dengan Tempat Paling Angker Di Dunia

Gedung Lawang Sewu (The Thousand Doors) terletak di Kota Semarang, Indonesia, menempati peringkat kedua tempat angker sedunia. Gedung ini dibangun pemerintah Belanda saat menjajah Indonesia pada 1904. Sesuai namanya, Lawang Sewu mempunyai banyak pintu menghubungkan setiap ruangan.

Lawang Sewu adalah salah satu bangunan bersejarah yang dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda, pada 27 Februari 1904. Awalnya bangunan tersebut didirikan untuk digunakan sebagai Het Hoofdkantoor van de Nederlansch Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) atau Kantor Pusat Perusahan Kereta Api Swasta NIS.

Masyarakat percaya gedung itu jadi saksi bisu pembantaian beberapa tentara Belanda dan oleh pasukan Jepang. Warga sekitar kerap mendengar suara-suara aneh dari dalam bangunan. Selain itu, sering terjadi penampakan hantu perempuan berambut panjang, biasa disebut kuntilanak.

Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. Selain itu pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah.

Pada masa perjuangan gedung ini memiliki catatan sejarah tersendiri yaitu ketika berlangsung peristiwa Pertempuran lima hari di Semarang (14 Oktober – 19 Oktober 1945) yang menyebabkan banyak korban tewas dari kedua pihak.

Gedung tua ini juga menjadi saksi bisu lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. Selain itu Lawang Sewu juga sempat pula dijadikan rumah tahanan oleh pihak Jepang dan telah melakukan banyak eksekusi-eksekusi di gedung tersebut.

Tak heran jika gedung tua yang memiliki banyak ruangan namun telah lama tak digunakan ini terkesan angker. Ruangan-ruangan tersebut memenuhi gedung dari atas hingga bawah tanahnya yang lembab dan kadang tergenang air, gelap dan sunyi.

Pada tahun 1992, pemerintah Kota Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.

Karena dikenal keangkerannya, Lawang Sewu juga sempat masuk ke dalam program acara thriller horor di National Geographic Channel: “I Wouldn’t Go In There” (Saya Tak Akan Pergi Kesana) pada bulan September 2013 lalu.

Namun akhirnya tayangan “I Wouldn’t Go In There” Lawang Sewu khusus untuk pemirsa di Indonesia yang ditayangkan ulang sebanyak 6 kali selama 2 hari ini, semuanya di blokir oleh National Geographic dengan alasan tertentu