Noppera Bo, merupakan Legenda Hantu yang berasal dari  Jepang. Hantu ini merupakan hantu berwujud seperti manusia, namun memiliki wajah yang rata atau tanpa wajah. Hantu ini sering dikira Mujina. Dalam Legenda Jepang Mujina merupakan makhluk berbentuk rakun yang dapat berubah bentuk. Namun Hantu ini hanya dapat berubah bentuk menyerupai manusia. namun tanpa wajah.

Noppera Bo

Noppera Bo menurut mitosnya hanya muncul untuk menakuti manusia, namun tidak membahayakan. Hantu ini juga sering disebut dengan nama Biksu tanpa wajah, karena memiliki kepala yang botak.

Noppera Bo sering muncul di jalan yang sepi pada malam hari. Tujuan utama dari hantu ini muncul adalah untuk menakuti manusia yang berjalan sendirian di malam hari. Hantu ini sering menyamar menjadi Pria ataupun Wanita dengan punggung menghadap ke korban untuk menyembunyikan wajahnya. Ketika korban menghampiri hantu ini, maka ia akan membalikkan tubuhnya dan memperlihatkan kepalanya yang tanpa wajah. Hantu ini juga dikabarkan sering menyamar seperti manusia yang memiliki wajah terlebih dahulu, kemudian menghapus wajahnya untuk menakuti korbannya.

Hantu Tanpa Wajah dari Jepang

Hantu ini menurut mitosnya bekerja dalam satu grup untuk menakuti seseorang. Ketika korban lari karena melihat Noppera Bo pertama, maka Noppera Bo kedua akan menyamar menjadi manusia dan menanyakan "Ada Apa?", dan ketika korban menjelaskan kejadian bertemu dengan hantu tanpa wajah, Noppera Bo kedua akan menghapus wajahnya dan berkata "Apakah seperti ini?". Hantu ini bahkan diceritakan sering meniru wujud manusia yang merupakan saudara ataupun famili dari si korban. Sehingga Korban yang sudah bertemu dengan beberapa hantu tanpa wajah, dan tiba dirumah, korban akan berpikir kondisi sudah aman. Namun kemudian famili dalam rumahnya juga akan menanyakan "Ada Apa?" dan kemudian menghapus wajahnya dan mengatakan "Apakah Seperti ini?" untuk menakuti korban bahkan ketika di rumah.

Menurut Mitos lainnya di Jepang, hantu ini berasal dari transformasi siluman nakal berbentuk hewan bernama kitsune, tanuki, ataupun mujina. hantu ini sering disalah artikan dengan siluman hewan yang suka mengganggu manusia, terutama Mujina.