Philippines Maria Labo,

Selama bertahun-tahun Maria Labo mejadi sebuah nama yang paling ditakutkan anak-anak di Philippines. Dari sebuah cerita untuk menakut-nakuti anak-anak, Maria Labo menjadi legenda yang menjadi sebuah cerita nyata dibalik namanya. Dibandingkan dengan cerita horor lainnya seperti wanita gaun putih, Maria Labo terbilang baru.

Awalnya tersebar di sebuah sekolah dasar pada tahun 2000an, mungkin akhir 90an. Anak-anak SD pada zaman tersebut sangat ketakukan untuk keluar jika hari sudah gelap. Bahkan ada selembaran dan juga poster mengenai Maria Labo lengkap dengan gambar. Anak-anak yang lahir pada tahun 90an dan 2000 tahu cerita sedih Maria Labo dan bagaimana ia mendapatkan luka besar dimukanya dari jidat sampai dagu.

Carita ini dimulai dari seorang wanita bernama Maria yang sudah menikah dan memiliki 2 orang anak. Untuk menafkahi keluarganya Maria bekerja sebagai pengasuh di Canada. Dari sini ceritanya mulai kabur. Ada yang mengatakan bahwa ia mendapatkan kekuatan “hantu” atau “Gaib” nya ketika mengasuh orang tua di Philippines, orang lain mengatakan bahwa ia mewarisi dari seseorang. Bagaimanapun ceritanya akhirnya Maria pulang, kecewa dan dalam kondisi miskin. Tanpa sepeser uang, ia kembali ke rumahnya di Capiz untuk menjaga 2 anak dan suaminya. Pada saat ini Maria puas dengan apa yang ia miliki namun ia merasa ada hal yang aneh. Ia sering mengalami mimpi buruk, tidur menjadi hal yang berharga bagi Maria. Karena lelah, ia sering pingsan mendadak. Suaminya khawatir dengan kondisi mental Maria. Namun pada saat suaminya ingin mengirim Maria kes sebuah tempat, Maria kembali normal.

pertanda baik bagi keluarga. Namun, sesuatu akan segera terjadi. Suatu malam, sang suami pulang ke rumah dan melihat Maria sedang masak seperti biasa. Ia memanggil anak-anak mereka, namun tidak ada jawaban. Ia bertanya ke Maria dimana anak-anak mereka, Ia berbalik dengan tatapan mengancam, dan menunjuk ke arah kompor. Disana sang suami menemukan dua anak mereka dengan kondisi menyeramkan, berdarah tak berbentuk, beberapa bagian badan berada di kulkas. Dalam keadaan panik, sang suami menyerang Maria dengan “Labo” dan menyebabkan ia terluka parah di bagian wajah. Ia kemudian pergi ke bagian selatan Visayans dan Mindanao, di mana cerita horornya terdengar di perkemahan dan juga sekolah SD bertahun-tahun.

Dipercayai bahwa Maria Labo merupakan cerita horor hantu (aswang) klasik yang dikenal di Philippines. Walaupun setiap daerah memiliki versi masing-masing, semua memiliki hal yang sama yaitu hantu yang menginginkan daging manusia. Walaupun sudah terjadi globalisasi, aswang masih merupakan hal paling menyeramkan yang bisa kamu temui, terutama di provinsi yang masih mempercayai hal-hal tersebut. Apa yang membuat hantu (aswang) sangat menyeramkan adalah kemampuan spiritualnya.

Mereka bisa berubah menjadi binatang seperti babi, burung dan anjing, berkeliaran dari satu tempat ke tempat lain mencari mangsa. Aswang biasanya diam namun ada juga yang bersuara seperti “tik tik” atau “wak wak”. Mereka juga bisa berwujud manusia, beberapa percaya mereka adalah manusia yang dikutuk. Kepercayaan ini turun menurun menyebutkan bahwa ada upacara yang menurunkan sebuah benda vital dari aswang yang sebelumnya ke aswang ke yang lain. Jika seseorang di sebuah keluarga menolak untuk menjadi aswang, ia akan dibunuh.

Cara lain untuk menjadi aswang adalah menggosokan sebuah ramuan tertentu ke kulit. Walaupun masih belum jelas bagaimana Maria Labo menjadi seorang aswang, namun ia menunjukan kekuatan yang sama seperti aswang. Tidak hanya menginginkan daging manusia, Maria juga bisa berubah wujud menjadi binatang dan juga wanita tua dan muda. Ada juga nomor telepon yang tersebar yang disebutkan merupakan nomor Maria.

Jika kita menelepon nomor tersebut maka kita akan mendengar suara-suara menyeramkan. Walaupun banyak yang percaya dengan ceritanya, banyak juga yang ragu. Ada yang mengatakan bahwa Maria Labo adalah eksperimen sosial untuk mengetes seberapa cepat informasi tersebar. Maria Labo dibayang-bayangi dengan cerita paranormal, ia menjadi alasan kenapa banyak orang Fillipina tidak tidur dengan kaki keluar kasur.

Baca juga:

One thought on “Philippines Maria Labo,

  1. Finally found a legit way of making some really good money: http://bit.ly/2ODt2Tt – all you have to do is browse through the products you like, then copy your affiliate link and include it as a comment on blogs or forums, or simply recommend it on your Facebook profile. This is one of the best affiliate programs out there, trust me on this one!

Leave a Reply

Your email address will not be published.