Tuyul sang Pencuri Uang

Tuyul dalam mitologi jawa dan sekitarnya adalah makhluk halus berwujud orang kerdil dengan kepala gundul dari jenis jin Ifrit. Penggambaran lainnya yang tidak disepakati semua orang adalah kulit berwarna keperakan, bersifat sosial (dalam pengertian memiliki masyarakat dan pemimpin), serta bersuara seperti anak ayam. Tuyul dapat dipekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri (uang). Untuk menangkal tuyul, orang memasang yuyu di sejumlah sudut rumah karena tuyul dipercaya menyukai yuyu sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya.

Konon, tuyul memiliki indera yang peka terhadap uang, ada yang menyebutkan bahwa tuyul bisa mengendus uang dari jarak beberapa ratus meter jauhnya. Dengan penciumannya yang tajam itu maka tuyul dapat mengetahui letak uang secara pasti. Ada juga yang mengatakan bahwa di alam gaib, bau uang sangat khas, sehingga mengundang bangsa gaib untuk mendekatinya. Dimanapun uang di simpan, maka bangsa gaib, terutama tuyul dapat dengan mudah menemukannya.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa tuyul sebenarnya tidak bisa membedakan mana uang dan mana yang kertas. Dan pemiliknya (yang memelihara tuyul) yang mengajarkan kepada tuyul tentang jenis uang tertentu. Hal ini yang menyebabkan tuyul hanya mengetahui satu jenis pecahan uang tertentu, misalkan hanya 50ribuan atau 100ribuan. Bila sang pemilik hanya mengajarkan untuk mengambil pecahan 50ribuan, maka tuyul peliharaannya hanya dapat mencuri uang pecahan 50ribuan.

Cara agar uang tidak diambil oleh tuyul

  • Perbanyak berdoa, dekatkan diri kepadaNYA. Karena semua kekuatan apapun tidak ada yang dapat menandingi kekuatanNYA.
  • Saat hendak menyimpan uang, sebaiknya uang di ikat terlebih dahulu, bisa menggunakan karet gelang atau tali lain untuk mengikatnya. Dari pengalaman kami, tuyul akan sangat kesulitan mengambil uang yang diikat.
  • Biasakan bangun malam untuk sholat tahajud.
  • Kaca cermin adalah salah satu penangkal Tuyul. Caranya taruh kaca cermin dekat dengan uang yang anda simpan. Dikarenakan apabila ada kaca, tuyul justru akan memainkan dengan melihat dirinya di cermin sehingga akan lupa tugas dia untuk mengambil uang.
  • Tuyul juga senang memainkan kacang hijau sebagai kelereng bagi dia. Caranya masukan segenggam kacang hijau dalam toples kaca bening ataupun mangkuk tanpa penutup, kemudian taruh dekat anda menyimpan uang.
  • Menggunakan daun pisang kering. Daun pisang kering yang dimaksud adalah daun pisang yang kering di pohon(kering dengan sendirinya dan masih menempel di pohon). Caranya adalah dengan membungkus uang yang hendak disimpan dengan daun pisang tersebut. Tuyul akan kesulitan bahkan tidak bisa mengenali uang yang sobat simpan.
  • Memasang yuyu di sejumlah sudut rumah karena tuyul dipercaya menyukai yuyu sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *