Yuki Onna (Gadis Salju) Hantu Jepang

Yuki Onna merupakan Legenda Hantu yang berasal dari Mitos Jepang Kuno. Yuki Onna ini memiliki berbagai macam nama seperti : Yuki Musume, Yuki Onago, Yukijoro, Yuki Anesa, Yuki Omba, Yukinba, dan Yukifuri Baba.

yuki onna

Yuki Onna berpenampilan sebagai wanita yang tinggi, dan cantik dengan rambut panjang, dan bibir yang biru. Wajahnya yang pucat membuat ia susah terlihat dalam lebatnya salju. Dalam Mitos Yuki Onna sering muncul mengenakan kimono (pakaian tradisional Jepang) putih, akan tetapi dalam legendanya, Yuki Onna sebenarnya muncul dengan tubuh telanjang dan berdiri di tengah-tengah salju.

Dalam Mitosnya Yuki Onna memiliki kemampuan untuk menerror manusia hanya melalui tatapan matanya. Yuki Onna juga di percaya tidak memiliki kaki, dan terbang ditempat yang bersalju, dan ia mampu berubah menjadi kabut asap, ataupun kabut salju apabila merasa terancam.

Yuki Onna Dipercaya merupakan Gadis yang mati karena badai salju, dan arwahnya bergentayangan di tengah salju. Banyak versi mengenai kemunculan Yuki Onna ini. Namun pada umumnya Yuki Onna akan memunculkan diri pada pendaki gunung salju ataupun orang yang tersesat di tengah badai salju dengan tujuan yang beragam, seperti meniupkan angin salju dan tersenyum ketika korbannya mati beku, menghisap darah korban sampai mati, membiarkan korbannya mati beku dan mengambil jiwanya, ada pula cerita mengenai Yuki onna yang berhubungan intim dengan korbannya dan kemudian membunuh korbannya.

Cerita Yuki Onna menurut Lafcadio Hearn :

Pada Suatu hari, Hiduplah dua orang penebang kayu bernama Minokichi dan Mosaku. Minokichi adalah seorang pemuda, sedangkan Mosaku merupakan penebang kayu yang sudah tua.

Pada Suatu ketika, terjadi badai salju ketika mereka berda di tengah gunung, dan mereka berencana untuk tidur disana. Pada malam hari, Mosaku terbangun dan menemukan seorang Gadis Cantik berpakaian putih. Kemudian Gadis tersebut meniup salju kepada Mosaku yang sudah tua, sehingga Mosaku mati beku.

Kemudian Gadis tersebut mendekati Minokichi untuk meniupnya juga, namun Gadis tersebut berhenti dan melihat wajah Minokichi dan berkata "Aku berpikir akan membunuhmu sama seperti aku membunuh orang tua tersebut, tetapi aku berubah pikiran karena melihat wajahmu yang sangat muda dan cantik. Akan tetapi kamu tidak boleh memberitahukan hal ini kepada orang lain atau aku akan membunuhmu"

Beberapa tahun kemuidian, Minokichi bertemu dengan seorang Gadis cantik bernama Oyuki dan menikahinya. Oyuki merupakan seorang istri yang baik dan mereka memiliki beberapa anak. Namun anehnya Oyuki tidak menua.

Pada suatu malam, Minokichi berkata "setiap kali aku melihat kamu, aku teringat dengan kejadian misterius yang menimpaku ketika aku muda, aku bertemu dengan Gadis cantik yang mirip sepertimu di tengah Gunung salju. Aku tidak tahu apakah itu mimpi ataukah aku bertemu dengan Yuki Onna"

Setelah Minokichi berhenti bercerita, Oyuki berkata "Wanita tersebut adalah aku, dan aku berkata akan membunuhmu apabila kamu menceritakan hal ini, namun aku tidak akan membunuhmu karena anak kita, Jagalah anak kita dengan baik" Kemudian Oyuki mencair dan menghilang. Minokichipun tidak pernah bertemu dengan Oyuki lagi.

Beberapa film Jepang yang diadaptasi dari cerita Yuki Onna :

  • Kwaidan (1964)
  • The Snow Woman (1968)'
  • Tales from the Darkside (1990)
  • The Great Yokai War (2005)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *