Zashiki Warashi, merupakan hantu dalam rumah di Jepang yang nakal namun tidak membahayakan. Bahkan hantu ini dikatakan akan memberikan keberuntungan dan kekayaan bagi rumah yang dihantui oleh Zashiki Warashi ini.

Zashiki Warashi

Zashiki Warashi suka berada pada sudut ruangan gelap beralaskan tatami (tikar dari jepang). hantu ini memiliki penampilah seperti anak berumur lima atau enam tahun degan memakai make up pipi berwarna merah. Hantu ini dapat berupa anak laki-laki ataupun anak perempuan dan memakai pakaian kimono. Dengan rambut yang pendek ataupun rambut yang terikat pada wujud perempuan. Menurut mitosnya hantu ini hanya dapat dilihat oleh pemilik rumah ataupun anak-anak dalam rumah tersebut.

Zashiki Warashi umumnya sering usil, dengan memberikan tanda-tanda jejak kaki anak-anak pada lantai yang berdebu. Keusilan lainnya adalah menimbulkan suara seperti gasing yang berputar terus setiap malam, kertas yang diremas, suara anak-anak, musik aliran shinto dan lain sebagainya.

Hantu Anak Kecil Nakal

Zashiki Warashi dipercaya sebagai penjaga rumah dan dewa keberuntungan dalam rumah tersebut. Namun apabila pemilik rumah mengusir hantu ini dari rumah tersebut, maka rumah tersebut akan menjadi sial. Bahkan penghuni rumah tersebut dapat tewas. Menurut mitos ada beberapa penghuni rumah yang mengalami keracunan makanan setelah mengusir hantu ini, ada pula yang dari sangat kaya menjadi jatuh miskin karena hantu ini meninggalkan rumah mereka.

Dalam beberapa mitosnya, Hantu ini akan berteman dengan anak-anak di dalam rumah, mengajari mereka bernyanyi, dan bermain. Kepercayaan akan hal baik dari hantu ini mengundang banyak masyarakat untuk menarik perhatian dari hantu ini untuk tinggal di rumah mereka. Caranya dengan menyajenkan makanan yang disukai oleh Zashiki, dan melempar koin ketika membangun rumah baru.

Zashiki Warashi juga dikenal dengan banyak nama seperti : Kurabokko (Anak dalam Gudang), dan Makuragaeshi (Pembalik Bantal). Banyak variasi dari hantu ini yang dilaporkan terlihat dari beberapa tempat di Jepang. Namun penampilan semua hantu ini terlihat hampir sama dengan wujud seperti anak-anak, dan kebiasaan tinggal di sudut rumah