Hantu Tuyul Dari Indonesia

Hantu Tuyul

Hantu Tuyul merupakan salah satu Mitos Hantu dari Indonesia yang berasal dari Bahasa Jawa yaitu Thuyul. Hantu Tuyul ini sering digambarkan dengan makhluk halus bertubuh orang kerdil dengan kepala yang gundul dan hanya mengenakan celana berbalut kain.

Hantu Tuyul dalam mitosnya merupakan sebuah jenis jin ifrit yang dapat dipekerjakan oleh manusia untuk berbagai alasan. Beberapa alasan utama Manusia mempekerjakan ataupun memelihara Tuyul adalah untuk mencuri Uang, Perhiasan dan Harta seseorang.

Hantu Tuyul dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran ataupun bayi yang mati ketika lahir. Karena mitos ini Tuyul umumnya memiliki rupa dan bentuk tubuh seperti anak-anak ataupun orang kerdil dan memiliki kegemaran bermain seperti layaknya anak-anak.

Adapun mitos untuk menangkal tuyul adalah dengan memasang yuyu di sejumlah sudut rumah, karena dipercaya Tuyul menyukai yuyu ini sehingga Tuyul akan lupa dengan tugasnya untuk mencuri uang ataupun perhiasan di rumah anda.

Hantu Tuyul Indoonesia

Menurut Ki Gendeng Pamungkas, Tuyul bersal dari Makhluk-makhluk korban Aborsi atau janin-janin berusia 7 bulan yang telah diaborsi oleh ibunya. Bentuknya kecil-kecil dan berukuran paling besar adalah 20 cm.  Tuyul-tuyul ini dijual bagi orang-orang yang mau kaya tanpa usaha. Harganya bisa berkisar antara 5 juta sampai 10 juta Rupiah.

Hantu Tuyul ini menurut mitosnya hanya dapat dipelihara oleh wanita. Karena pemelihara tuyul harus memberi makan kepada tuyul-tuyul tersebut dengan cara menyusui dengan ASI. Biasanya pemelihara tuyul jika makan malam pasti akan disikan dan pemelihara tuyul tersebut tidak boleh mencuci tangan setelah makan  karena tuyul peliharaanya nantinya akan menjilati sisa makanan di tangan majikannya ketika dia tidur nanti. Pemelihara tuyul juga umumnya sering berjalan dengan tangan berada di punggung seolah-olah sedang menggendong sesuatu dan berjalan-jalan untuk mensurvei lokasi rumah target yang akan dijadikan sasaran.

Untuk mencegah agar harta tidak dicuri tuyul biasanya dipercaya beberapa hal berikut :

  1. Jangan membiarkan ada sisa makanan di piring atau membiarkannya terbuka pada malam hari, karena bisa mengundang tuyul masuk dalam rumah
  2. Pelihara Kepiting (Yuyu) di kolam rumah, karena tuyul suka bermain dengan kepiting
  3. Taruh Jahe di depan pintu, karena jahe merupakan mainan menarik bagi tuyul
  4. Buang Gambar-gambar bernyawa serta patung-patung yang ada dalam rumah

Baca Juga :

  1. Hantu Kuntilanak
  2. Hantu Sundel Bolong
Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.