Rumah Hantu

 

Rumah hantu, rumah berhantu atau rumah setan adalah rumah yang diperkirakan dihuni makhluk-makhluk halus dan sering menjadi tempat penampakan fenomena supranatural atau paranormal.

Dalam konsep hiburan, rumah hantu (rumah setan) merupakan salah satu wahana permainan di taman bermain berupa bangunan “berhantu” berisi berbagai karakter menyeramkan berupa pemeran hantu dengan riasan efek khusus, manekin atau boneka animatronik untuk membuat pengunjung jadi takut. Hantu dan karakter menyeramkan yang berada didalam wahana permainan disesuaikan dengan konsep hantu menurut kebudayaan tempat taman hiburan tersebut berada.

Di berbagai lokasi taman bermain disney terdapat rumah hantu bernama The haunted mansion. Yang kemudian diangkat menjadi sebuah film berjudul sama. Di indonesia, wahana permainan rumah setan terdapat di taman-taman bermain seperti taman safari dan taman rekreasi wonderia.

Rumah Berhantu

Konsep rumah hantu bisa berbeda-beda sesuai dengan kebudayaan dan zaman. Di dalam kisah horor dari barat, bangunan atau rumah berhantu dapat berupa kastil zaman feodal di eropa yang terlihat angker sampai rumah yang baru dibangun di pinggir kota. Bangunan dengan gaya arsitektur abad ke-19 atau abad sebelumnya merupakan bahan latar belakang cerita honor misteri yang paling umum. Literatur zaman gothic biasanya lebih banyak menceritakan tentang kastil berhantu atau rumah besar yanng berhantu.

Legenda tentang rumah setan sudah ada dalam kesusastraan sejak zaman kuno. Pengarang zaman romawi seperti plautus, plinius muda dan lucian sudah banyak menulis tentang rumah-rumah berhantu. Pengarang zaman modern seperti henry james dan stephen king juga banyak menulis cerita rumah berhantu.

Di Indonesia, legenda urban atau kisah berbagai versi tentang rumah hantu bisa terdapat di berbagai lokasi. Sebuah rumah di Pondok Indah Jakarta Selatan sempat diangkat menjadi film horor dengan judul Rumah Pondok Indah. Film bertema hantu banyak mendapat antusiasme dari banyak kalangan. Hal ini ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. bahkan di negara-negara yang sudah tergolong maju masih percaya pada hantu, misalnya saja film Conjuring, yang dibuat di Amerika Serikat.

Baca juga : 7 Hotel Paling menyeramkan Di Amerika

 

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.